Senin, 28 November 2011

Iman Kristen

Dari Iman menuju kepada Iman

 Pernyataan Allah

Dalam Alkitab jelas sekali Allah menyatakan dirinya dalam 2 penyataan, yaitu penyataan umun (alam) dan penyataan khusus (firman).
Penyataan alam sebelum adam berdosa sesungguhnya sempurna adanya. Melalui alam, manusia dapat mengenal Allah dengan jernih, karena alam menjadi cermin yang jernih untuk menyatakan kemuliaan Allah.

Maz.19:2-3 dengan jelas menyatakan hal tersebut.
“Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tanganNya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan berita itu kepada malam. Tidak ada berita dan tidak ada kata, suara mereka tidak terdengar”
Penyataan khusus (firman) juga diberikan kepada Adam agar mengerti apa tugas yang harus Adam lakukan.
Adam dicipta untuk mempermuliakan Allah melalui ketaatannya. Penyataan alam secara lengkap dan jernih menyatakan Allah, penyataan Khusus diberikan setara dengan penyataan alam untuk “menuntut” ketaatan Adam sebagai mahluk ciptaan Allah.
Setelah Adam jatuh kedalam dosa, maka penyataan Allah masih menyatakan keberadaan Allah, tapi bukan hanya kasih dan kebaikan Allah, namun jugamurka Allah.
Firman Allah juga sebagai penyataan khusus, untuk mengembalikan manusia kepada ketaatan semua melalui jasa Kristus di kayu salib, menyatakan kasih dan kesabaran Allah tapi penyataan khusus (firman) juga sekarang menyatakan murka Allah atas orang berdosa. Taurat diberikan sebagai rontgent agar manusia mengerti hukuman Allah yang menimpa diri manusia yang sadar (taurat) sudah berdosa dan layak dihukum.
Penyataan alam cukup jelas bahkan sangat jelas menyatakan siapa Allah yang sesungguhnya, tetapi sekali lagi, dosa, mengakibatkan manusia secara aktif melawan kebenaran.
Roma 1:18
Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia yang menindas kebenaran dengan kelaliman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar